Monday, March 11, 2013

Tips Memulai Peluang Bisnis Konsultan


Perusahaan yang bergerak pada bidang jasa konsultasi telah banyak merubah perekonomian dunia bahkan cara orang berpikir tentang berbagai hal pada saat ini. Para konsultan ini adalah tenaga ahli di bidang yang spesifik, sehingga bisa diharapkankan kepiawaian mereka dalam bidang yang di tangani. Para konsultan ini umumnya menawarkan jasa konsultasi dalam bidang marketing, kesehatan, internet, telekomunikasi, manajemen seperti ISO 9001, sigma gama, konstruksi, geologi, geofisika hingga konsultan keuangan atau yang lebih dikenal dengan istilah penasehat keuangan. Salah satu peluang usaha bisnis jasa konsultan yang sedang membooming pada tahun-tahun mendatang adalah konsultan keuangan atau penasehat keuangan apalagi ditengah buruknya perekonomian dunia saat ini akan banyak sekali orang yang kesulitan mengatur penngeluarannya.
Pekerjaan konsultan ini sebenarnya memerlukan keahlian dan ketrampilan tinggi karena konsultan harus bisa mengidentifikasi dan mendiagnosa masalah. Seorang konsultan harus dan wajib untuk mampu berpikir out of the box dan obyektif dalam menghadapi masalah klien mereka. Setelah berhasil mengidentifikasi akar permasalah tersebut maka akan ditawarkan beberapa alternatif jalan keluar dan solusi dari segala aspek beserta dengan konsekuensi yang ada apabila solusi tersebut dipilih. Karena inti dari pekerjaan ini adalah solving problem atau seorang problem solver.

Ada beberapa tips dan trik bagaimana menjadi seorang konsultan yang sukses menurut Vince Lombardi yaitu Fokus karena fokus adalah komitmen dan akan membuat kita mampu menjadi seorang yang sangat ahli dibidangnya, senantiasa berusaha untuk mengarahkan hasil kearah yang lebih baik, tidak pernah puas pada pencapaian yang sudah lewat, bekerja lebih cepat dan efisien serta integritas yang tinggi. Mereka juga tidak boleh memaksakan kehendak atas solusi yang ditawarkan, memiliki pengetahuan yang baik, mampu mengajukan pertanyaan yang tepat yang dapat mengarah pada pemecahan masalah dan solusi jangka panjang.
Program Branding Konsultan Dimulai dari Logo Yang Bagus
Konsultan Yang Problem Solver
Konsultan Yang Problem Solver
Pada era dimana tingkat persaingan bisnis semakin besar dimana orang akan menjadi semakin bergantung untuk mendapatkan ide dan pengetahuan spesifik untuk dapat sukses maka pekerjaan dari konsultan ini adalah membantu para klien dalam mencapai penjelasan dan solusi yang logis bagaimana segala sesuatu bekerja disekitar mereka hingga membuat kesimpulan akhir tentang bagaimana mereka akan mampu bergerak dan mengatasi masalah tersebut. Menjadi yang terbaik dan paling profesional pada bidang saja tidaklah cukup pada saat ini, beberapa pakar marketing seperti Hermawan Kartajaya maupun Philips Kotler telah menyarankan bahwa melakukan program marketing dan branding menjadi hal yang penting dan krusial untuk dilakukan demi memenangkan persaingan untuk merebut hati konsumen dan klien. Langkah awal untuk dapat melakukan program marketing dan branding adalah dengan memiliki logo yang baik. Beberapa hal yang dapat menjadi pertimbangan dalam menentukan pilihan dalam logo konsultan ini antara lain elemen dasar warna, font, efek 3D dan bentuk yang menjadikan logo sangat penting. Pemilihan jenis huruf juga menjadi krusial kerena huruf yang dipilih harus melambangkan profesionalisme. Untuk bidang-bidang seperti teknologi, geofiska, geologi, telekomunikasi, manajemen dan keuangan maka jenis font yang dipilih haruslah yang terlihat sedikit kaku namun untuk bidang marketing, seni dan kesehatan, kita dapat memilih jenis font yang lebih terlihat halus, dinamis dan fleksibel.
Ada beberapa hal yang sama-sama dimiliki oleh logo konsultan yaitu hampir semua perusahaan ini selalu menyertakan nama mereka bersama-sama dengan logo dan bukan hanya beberapa huruf depan saja seperti yang kebanyakan kita temui pada perusahaan berbasi teknologi tinggi seperti IBM, Cisco dan Microsoft. Beberapa memilih warna yang melambangkan profesionalisme, keceriaan dan bersahabat secara bersamaan. Pada umumnya mereka juga memilih untuk menggunakan jenis huruf serif dan tradisional untuk melambangkan kepercayaan namun ada juga yang berani berinovasi dengan memilih huruf san-serif untuk meningkatkan kesan bonafid dan elegan. Ada juga yang memakai simbol iconic atau pictorial karena ingin lebih mudah dikenali dan memberikan kesan memiliki kreativitas yang tinggi pada program branding mereka.
Perusahaan konsultan biasanya memfokuskan pada kategori bidang tertentu yang membuat mereka sangat ahli dalam bidang tersebut. Sebagai contoh perusahaan konsultasi yang sangat profesional dibidangnya,GeoAdvance SINJ. GeoAdvance SINJ adalah konsultan yang bergerak dibidang survey geofisika dalam aplikasi dengan eksplorasi panas bumi, pertambangan, hidrologi, arkeologi, pencemaran lingkungan dan eksplorasi sumber daya alam lainnya yang selalu menyediakan tenaga ahli profesional dan berpengalaman dibidangnya. Logo GeoAdvance SINJ ini juga penuh dengan makna filosofi yang mendalam yang telah menjadi bagian dari visi dan misi mereka.

No comments:

Post a Comment